No image available for this title

Skripsi ini membahas tentang praktik membaca al-Qur’an pada anak yang berada di Kelurahan Cempaka Putih Tangerang Selatan. Pentingnya peranan orang tua dalam menanamkan pendidikan ilmu agama kepada anak sejak dini, terutama dalam ilmu yang berkaitan dengan membaca al-Qur’an. Kemudian dengan berkembangnya zaman, mulailah bermunculan TPQ sebagai sarana anak untuk mempelajari membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an anak di TPQ yang berada di Kelurahan Cempaka Putih terkait kualitas bacaan al-Qur'an dan mengetahui metode yang digunakan di TPQ untuk menunjang keberhasilan dalam melakukan pendidikan pembelajaran al-Qur’an. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Living Qur’an. Oleh karenanya pengumpulan datanya adalah berupa observasi, wawancara dengan beberapa ketua TPQ dan para responden seperti ketua TPQ, guru yang mengajar, orang tua, serta anak yang mengikuti kegiatan membaca al-Qur’an dan dokumentasi. Kemudian menganalisanya dengan data yang terkumpul. Dari hasil penelitian ini penulis menemukan bahwa terdapat dua metode yang digunakan dalam kegiatan membaca al-Qur’an, yakni metode Qiroati dan metode Iqra. Uniknya jumlah anak yang belajar di Lembaga yang menggunakan metode Qiroati lebih banyak dan lebih diminati dibandingkan Lembaga yang menggunakan metode Iqra. Terbukti dengan adanya antrean (indent) di TPQ tersebut. Kata kunci: Praktik, Membaca, Menulis, al-Qur’an, Anak



Tidak Tersedia Deskripsi


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
982
Penerbit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : UIN Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
982
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this