Skripsi ini membahas tentang praktik membaca al-Qur’an pada anak yang berada di Kelurahan Cempaka Putih Tangerang Selatan. Pentingnya peranan orang tua dalam menanamkan pendidikan ilmu agama kepada anak sejak dini, terutama dalam ilmu yang berkaitan dengan membaca al-Qur’an. Kemudian dengan berkembangnya zaman, mulailah bermunculan TPQ sebagai sarana anak untuk mempelajari membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an anak di TPQ yang berada di Kelurahan Cempaka Putih terkait kualitas bacaan al-Qur'an dan mengetahui metode yang digunakan di TPQ untuk menunjang keberhasilan dalam melakukan pendidikan pembelajaran al-Qur’an. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Living Qur’an. Oleh karenanya pengumpulan datanya adalah berupa observasi, wawancara dengan beberapa ketua TPQ dan para responden seperti ketua TPQ, guru yang mengajar, orang tua, serta anak yang mengikuti kegiatan membaca al-Qur’an dan dokumentasi. Kemudian menganalisanya dengan data yang terkumpul. Dari hasil penelitian ini penulis menemukan bahwa terdapat dua metode yang digunakan dalam kegiatan membaca al-Qur’an, yakni metode Qiroati dan metode Iqra. Uniknya jumlah anak yang belajar di Lembaga yang menggunakan metode Qiroati lebih banyak dan lebih diminati dibandingkan Lembaga yang menggunakan metode Iqra. Terbukti dengan adanya antrean (indent) di TPQ tersebut. Kata kunci: Praktik, Membaca, Menulis, al-Qur’an, Anak


Hasil Pencarian


Ditemukan 1 dari pencarian Anda melalui kata kunci: Author : "Achmad Kafafi"
Permintaan membutuhkan 0,27005 detik untuk selesai
XML ResultJSON Result

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog